bangga melayani:

Bangga Melayani:
  • Pulau
  • Provinsi
  • Outlet
  • Pelanggan

How to Fight Off Sleep during the Day When Fasting

Buat kamu yang sulit melawan kantuk di siang hari, terutama ketika sedang bekerja.

Rabu

15

Mei '19

Quickers, di bulan Ramadan ini udah pasti siklus tidur kalian mengalami sedikit perubahan karena harus bangun lebih pagi untuk sahur. Kalau kamu nggak tidur lebih cepat, maka jam tidur kamu akan berkurang menjadi rata-rata 40 menit. Based on research dalam Journal of Sleep Research, hal ini akan mengurangi REM (Rapid Eye Movement) a.k.a. durasi tahap tidur pulas kamu. Nah, kalau udah kayak gitu dijamin banget ngantuk berat udah pasti melanda kamu deh Quickers, terutama di siang hari pas lagi di kantor. Waduh, gawat banget kan?

Worry no more, Quickers! Karena artikel ini akan membahas beberapa tips dan trik alami yang bisa kamu lakuin untuk mengatasi kantuk di siang hari pas puasa, terutama pas di kantor. Yuk simak terus dan semoga bermanfaat! Hihi.

Jalan kaki

Quickers, tahu nggak menurut sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak kalau jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi hingga dua jam ke depan lho! Kenapa? Karena jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan, rasa ngantuk di siang hari biasanya disebabkan karena otak kekurangan pasokan oksigen.

Tidur siang sejenak

Quickers, kalau kamu udah nggak tahan banget sama rasa ngantuk yang melanda, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat kamu untuk tidur siang. Tapi, jangan tidur terlalu lama ya, Quickers! Karena kamu mungkin bakalan lebih lemas setelahnya karena jam biologis tubuh kamu terganggu. Tidur siang selama 10 – 25 menit udah cukup banget lho. Eits, jangan sampai bablas dan salat zuhurnya kelewatan ya hihi.

Ganti pemandangan

Quickers, jangan selalu menghadap layar komputer yang bisa menyebabkan mata kamu lelah ya. Hal ini juga bisa bikin kamu lebih cepat mengantuk lho. Usahakan untuk mengganti pemandangan ketika si ngantuk menyerang. Alihkan pandangan kamu dari layar selama 20 detik dan ulangi terus setiap 20 menit. Dengan begitu, dijamin mata kamu akan lebih rileks dan segar.

Chitchatting

Mengajak teman mengobrol sejenak bisa mengatasi ngantuk saat puasa juga lho, Quickers. Hal ini dikarenakan mengobrol dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. Supaya efeknya terasa, dr. Barry Krakow, yang merupakan spesialis sleep disorder menyarankan untuk mengobrol soal topik-topik yang cukup serius. Jadi bukan hanya sekadar basa-basi. Eits, tapi juga bukan ngegosip juga lho ya, Quickers hihi.

Kembali ke Acara